Minggu, 31 Agustus 2014

Mengenal Lebih Dekat Tekanan Darah Normal


Manusia tercipta dengan memiliki beberapa organ penting untuk membantu beraktifitas setiap hari. Salah satunya adalah jantung yang memiliki berfungsi memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh arteri darah. Proses tersebut memberikan dampak pada tekanan darah manusia. Kecepatan denyut jantung pada saat memompa darah sangat mempengaruhi tekanan darah. Manusia dikatakan sehat jika memiliki tekanan darah normal. Apa saja indikator manusia dapat dikatakan memiliki tekanan seperti itu?

Kisaran Angka Tekanan Darah Normal
Tekanan darah normal pada manusia berbeda-beda tergantung usia dan jenis kelaminnya. Bahkan pada anak, besar kecilnya tekanan darah dapat dipengaruhi oleh tinggi badannya. Pada dunia medis, tekanan darah pada manusia dapat diukur menggunakan tensimeter. Pada alat tersebut terdapat angka-angka yang digunakan untuk patokan pengukuran jumlah tekanan darah pada tubuh manusia. Standar patokan pengukurannya di bedakan menjadi dua. Yaitu tekanan darah diastolik dan tekanan darah sistolik. Tekanan darah diastolik adalah tekanan darah bawah saat orang tersebut tidak melakukan aktifitas apapun. Sedangkan tekanan darah sistolik adalah tekanan darah atas pembuluh arteri ketika jantung sedang memompa darah.

Untuk orang dewasa, tekanan darahnya dapat dikategorikan normal jika memiliki tekanan darah antara 120/80 mmhg hingga 140/85 mmhg. Dari angka tersebut dapat terlihat juga orang tersebut memiliki tekanan darah sistolik sebesar 120 dan tekanan darah diastolik sebesar 80. Namun untuk anak usia dibawah 10 tahun, tekanan darahnya normal jika mempunyai tekanan darah sistolik 80 sampai 130 mmhg dan tekanan darah diastolik sebesar 50 sampai 85 mmhg.

Tekanan Darah Tinggi dan Rendah
Jika tekanan darah manusia tidak sesuai dengan batas atas dan bawah seperti diatas, maka  dipastikan orang tersebut dapat dikatakan mengalami tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah. Tekanan darah tinggi dan darah rendah terjadi karena tekanan darah sistolik dan diastoliknya diatas dan dibawah batas untuk tekanan darah normal. Dua-duanya sama-sama berbahaya jika tidak di tanggulangi dengan cepat dan benar. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi cenderung emosinya tidak dapat dikontrol dan mudah merasa cemas. Pada dunia kedokteran, tekanan darah tinggi dikenal dengan sebutan hipertensi. Hipertensi dapat menimbulkan banyak penyakit misalnya jantung, ginjal dan stroke. Sedangkan orang yang memiliki tekanan darah rendah atau hipotensi cenderung bermuka pucat dan mudah lelah. Bahkan orang yang mempunyai darah rendah sering mengalami pingsan karena denyut jantung yang memompa darah berdeyut sangat pelan.

Menjaga Tekanan Darah Normal
Banyak hal yang dapat dilakukan supaya manusia mempunyai tekanan darah normal. Diantaranya mengkonsomsi makanan yang mengandung kalium dan nitrat seperti pisang dan bayam, menjauhi kebiasaan seperti merokok dan kafein dan tentu saja dengan berolahraga secara teratur sehingga tubuh kita menjadi ideal dan memiliki tekanan darah yang stabil. Untuk penderita hipertensi dapat mengkonsumsi bawang putih satu biji yang dikunyah setiap hari dan menghindari makanan berkolesterol tinggi seperti gulai kambing.

0 komentar:

Posting Komentar