Sabtu, 23 Agustus 2014

Ketahui Penyebab Keringat Dingin

Keringat dingin mungkin sering Anda alami pada saat-saat tertentu, seperti ketika Anda gugup atau tertekan ketika melakukan presentasi. Keringat dingin biasa terjadi pada telapak tangan, kaki, bahkan diseluruh tubuh. Umumnya, manusia mengeluarkan keringat karena respon tubuh terhadap cuaca panas. Keringat disini berfungsi untuk menjaga agar kulit tidak kering. Namun, bagaiman jika keringat ini keluar pada saat cuaca yang dingin? Rupanya ini pertanda kurang baik, dan tidak normal. Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari stres hingga penyakit serius.

Penyebab keringat dingin
Keringat dingin biasa disebut dengan istilah diaphoresis. Penyebab dari keringat dingin ini adalah stres, kepanikan emosional, dan kepanikan mental. Tapi, keringat dingin juga bisa saja disebabkan oleh berbagai gangguan dan penyakit yang ada didalam tubuh. Jika keringat dingin akibat penyakit tidak segera diatasi, maka kondisi ini sangat berbahaya. Keadaan ini bisa saja disebabkan oleh alergi yang sangat parah ataupun penyakit jantung. Maka dari itu, jangan menganggap remeh jika badan Anda dingin dan mengeluarkan keringat dingin.

Berikut merupakan penyebab keringat dingin karena adanya perubahan fungsi jantung dan pembuluh darah:
  1. Serangan jantung
  2. Pendarahan internal
  3. Rendahnya kadar oksigen dalam darah
  4. Kadar gula darah rendah
  5. Darah rendah
  6. Syok septik dan bentuk syok lainnya

Seringkali, keringat dingin tidak keluar begitu saja tanpa disertai gejala tertentu. Berikut beberapa gejala yang biasa menyertai keringat dingin:
  1. Mengalami stres atau cemas
  2. Adanya rasa sakit atau nyeri
  3. Badan terasa panas dingin
  4. Kepala pusing
  5. Perut mual hingga muntah
  6. Kulit terlihat lebih pucat
  7. Tubuh terasa lemas

Keringat dingin juga bisa terjadi karena tubuh Anda kekurangan asupan makanan. Dengan kurangnya asupan makanan, proses metabolisme tubuh akan bekerja dengan sangat keras. Hal tersebut mengakibatkan panas tubuh akan meningkat sehingga diproduksi oleh tubuh untuk menurunkan suhu badan. Secara otomatis, setiap kali Anda berkeringat, maka Anda akan cepat merasa lelah. Untuk meningkatkan konsentrasi dan daya tubuh Anda, banyaklah minum air putih.

Itulah beberapa penyebab keringat dingin dan gejala yang menyertainya. Walaupun keringat dingin ini terjadi pada banyak orang, namun jangan sampai meremehkan kejadian ini. Seperti yang kita bahas diatas, pemicu utama keringat dingin adalah rasa gugup atau cemas, namun hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa ada penyakit berbahaya didalam tubuh Anda.

Sebagai tambahan, pada beberapa kasus keringat dingin dapat mengancam jiwa Anda jika tidak segera ditangani. Waspadai kondisi Anda jika mengalami gejala seperti berikut:
  1. Pingsan atau tidak merespon
  2. Nyeri dada atau dada sesak
  3. Jantung berdebar
  4. Warna biru pada kulit, bibir, kuku
  5. Demam tinggi
  6. Kejang
  7. Muntah darah, buang air besar berdarah

0 komentar:

Posting Komentar