Rabu, 24 September 2014

Tips Resep Makanan Sehat yang Baik untuk Diet



Program diet dilakukan untuk mencapai berbagai tujuan misalnya menurunkan berat badat dan alasan kesehatan. Diet yang benar adalah dengan menjaga asupan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Kita memilih jenis makanan apa yang akan dimakan atau yang boleh dimakan. Namun, banyak orang salah paham tentang pengertian diet. Diet disalahartikan sebagai cara untuk menahan rasa lapar dan menunda untuk tidak makan. Jika program diet yang tidak benar tersebut dilakukan maka justru malah mengganggu kesehatan.

Di dalam program diet tepat porsi asupan makanan yang kita konsumsi memang sedikit kita kurangi namun bukan berarti untuk tidak makan sama sekali. Kita tetap tidak boleh melupakan sarapan pagi, makan siang, dan juga makan malam. Bahkan ada beberapa program diet yang menganjurkan agar memakan camilan di sore hari. Camilan yang dimakan merupakan makanan ringan dari resep makanan sehat dan bukan sembarang snacks.

Tips untuk Memilih Resep Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi

Mereka yang melakukan program diet dengan alasan ingin menurunkan berat badan maupun alasan kesehatan harus pintar-pintar dalam memilih makanan yang mau dikonsumsi. Berikut tips-tipsnya:

Pilih sayuran dengan beraneka macam warna: Sayuran dengan beraneka macam warna di piring kita akan membuat nafsu makan bertambah. Selain itu, sayuran juga banyak mengandung vitamin dan antioksidan baik untuk mencegah penyakit. Tentunya bagi anak yang tidak suka makan sayur, orang tua dapat secara kreatif memasak sayuran aneka warna dan menghiasi piring sang anak dengan cantik agar mereka menjadi doyan makan sayur.

Pilih roti gandum: Jika anda hobi sarapan pagi dengan roti tawar maka mulai sekarang ganti roti tawar putih anda dengan roti gandum yang lebih menyehatkan. Roti gandum tinggi serat sehingga baik bagi program diet dengan melancarkan sistem pencernaan.

Pilih makanan berprotein tinggi: Jika anda ingin makan daging sebaiknya pilih yang berprotein tinggi namun rendah kalori. Misalnya seperti sea food dan ayam kampung. Mengonsumsi daging berkalori tinggi akan menggagalkan program diet anda dan juga tidak baik bagi anda yang menderita obesitas.

Pilih camilan yang menyehatkan: Jika anda merasa lapar di sore hari dan ingin makan camilan maka pilihlah camilan yang menyehatkan. Anda bisa ganti snacks berkalori anda dengan sayur dan buah dan lebih kreatif lagi jika anda dapat membuat resep makanan sehat untuk camilan anda.

Pilih ikan sardin: Daging ikan sardin sangat baik untuk dikonsumsi karena kaya akan nutrisi terutama omega 3. Bahkan ikan sardin lebih banyak kandungan nutrisinya dibandingkan ikan tuna atau ikan salmon.

Pilih makanan yang masih segar: Jika anda pergi ke pasar untuk membeli bahan-bahan masakan anda sebaiknya memilih yang masih segar. Hindari untuk membeli makanan yang sudah diproses misalnya nugget dan sebagainya.

Pilih makanan rendah gula: Jika anda sedang melakukan program diet untuk menurunkan makanan ataupun untuk alasan kesehatan misal sakit diabetes, maka sebaiknya hindari makanan atau minuman yang banyak mengandung gula. Gula akan membuat anda bertambah gemuk dan tentunya bagi penderita diabetes akan menambah kadar gula di dalam darah yang nantinya akan mengancam kesehatan.

Tiga Resep Makanan Sehat yang Dapat Anda Coba

Walaupun sedang melakukan program diet tetap jangan lupakan sarapan pagi, makan siang, serta makan malam. Rehat.Net memberikan resep makanan sehat yang dapat anda buat dan pastinya lezat untuk dicicipi:

Resep Makanan Sehat Cocok untuk Sarapan Pagi

Untuk sarapan pagi anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat. Anda bisa membuat resep saparan pagi yang praktis dan tidak memerlukan waktu lama dalam pengolahannya. Tentunya sarapan pagi haruslah yang bergizi untuk cadangan energi anda selama beraktivitas. Berikut kita sajikan tips membuat omelet brokoli yang disajikan dengan roti gandum. Cara membuatnya praktis dan sederhana, anda hanya perlu waktu sekitar 15 sampai dengan 20 menit untuk menyajikannya.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
- 2 butir telur.
- Roti gandum.
- 1 cangkir brokoli hijau, masih segar.

Cara membuat:
1. Pertama-tama kocok telur kemudian tambahkan garam sesuai selera anda. Goreng telur dan tambahkan bawang putih dan bawang merah agar terasa lebih lezat.

2. Potong brokoli kecil-kecil kemudian tambahkan ke dalam adonan telur yang sudah dikocok.

3. Panaskan wajan penggorengan dan tuangkan minyak. Alternatif lain adalah dengan menggunakan margarin atau mentega sebagai ganti minyak goreng. Tentunya margarin dan mentega lebih sedap dan menyehatkan.

4. Masak adonan telur beserta brokoli hijau. Setelah matang, sajikan dengan roti gandum dan anda siap menikmatinya.

 Resep Makanan Sehat Cocok untuk Menu Makan Siang

Makan siang haruslah yang kaya akan karbohidrat dan protein sehingga anda dapat kembali beraktivitas dengan energi baru dan pastinya tidak cepat lapar. Berikut kita sajikan resep makan siang tumis tempe dengan bumbu tauco dan buncis yang dapat anda buat dan pastinya lezat untuk dicicipi:

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
- 50 gram tempe yang sudah dipotong-potong bentuk dadu.
- 75 gram sayur buncis yang sudah diiris miring tipis-tipis.
- 5 cabai hijau yang sudah dipotong tipis-tipis.
- 10 lembar daun melinjo yang sudah diiris kasar.
- 5 buah petai yang sudah dibelah.
- Bumbu tauco.
- 3 siung bawang merah yang sudah diiris halus dan 2 siung bawang putih  yang telah dimemarkan.
- 50 cc santan kelapa.
- 1 batang serai dan 2 cm lengkuas yang sudah dimemarkan.
- 100 cc air putih matang.
- 2 lembar daun salam.
- Minyak jagung.

Cara membuat:
1. Panaskan wajan, tumis bawang merah dan bawang putih. Gunakan 1 sendok teh minyak jagung untuk menumis.

2. Masukkan dan tumis daun salam, serai, dan lengkuas serta 1 sendok makan bumbu tauco.

3. Masukkan bahan-bahan tersisa seperti tempe, daun melinjo, petai, buncis, dan cabai hijau. Aduk hingga bumbu merata. Kemudian tuang air putih dan masak sampai matang.

4. Tambahkan 50 cc santan kelapa encer ke dalam masakan kemudian aduk lagi dan masak sampai matang. Hidangan siap anda sajikan dengan nasi.

Resep Makanan Sehat Cocok untuk Menu Makan Malam

Jangan makan menu makan malam anda di atas jam tujuh malam karena anda sudah tidak beraktivitas lagi sehingga asupan kalori yang dimakan akan menjadi lemak yang menumpuk di perut anda. Untuk resep makan malam sebaiknya pilih yang rendah lemak, kalori, dan karbohidrat seperti salad. Berikut resepnya:

Bahan-bahan yang harus disiapkan:
- Sayuran favorit anda seperti wortel, mentimun, daun selada, brokoli, paprika, dan tomat. Anda juga dapat menambahkan sayur lainnya.
- Mayonnaise.
- Merica bubuk.
- Jeruk nipis.
- Saus tomat.

Cara membuat:
1. Potong-potong semua sayur yang sudah disiapkan.

2. Buat saus salad: Caranya adalah dengan memblender mayonnaise, air jeruk nipis, merica, dan saus tomat.

3. Jangan langsung dihindangkan, simpan saus salad tadi di lemari es agar lebih segar dan enak.

4. Hidangkan sayuran yang sudah dipotong-potong tadi dengan saus salad.

0 komentar:

Posting Komentar